BELI RUMAH SECARA CASH atau KREDIT Ya? YUK, CARI TAHU MANA yang LEBIH MENGUNTUNGKAN


Ada dua cara pembayaran dalam membeli rumah, yaitu secara cash (tunai) dan kredit. Beli rumah secara cash bisa dilakukan jika Anda memiliki dana yang banyak. Sedangkan membeli rumah secara kredit disarankan jika Anda tidak memiliki banyak uang apalagi penghasilan pas-pasan.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda sudah menentukan cara pembayaran yang akan Anda pilih. Agar dana yang sudah Anda persiapkan untuk membeli rumah tidak mengganggu kondisi keuangan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa kelebihan dan dan kekurangan membeli rumah secara cash dan kredit. Sehingga Anda bisa memilih mana yang menurut Anda lebih menguntungkan.

Membeli Rumah Secara Cash
Membeli rumah secara cash berarti membayar harga rumah secara lunas. Membeli cash akan menghindarkan Anda dari hutang. Membeli cash juga memberikan beberapa keuntungan, antara lain:
– Harga rumah bisa lebih murah. Banyak developer yang memberikan potongan harga bagi konsumen bersedia membayar tunai di awal.
– Anda tidak perlu dipusingkan dengan suku bunga cicilan yang naik turun dan harus dibayarkan tiap bulan.
– Tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi karena biasanya developer membebaskan biaya administrasi bagi konsumen yang membayar tunai.
– Surat-surat bisa langsung dimiliki, bahkan bisa langsung dijadikan jaminan ke bank.
Namun, membeli rumah secara cash juga memiliki kekurangan yaitu:
– Bagi orang yang berpenghasilan rendah, akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa membeli rumah secara cash. Terlebih harga rumah akan terus naik.
– Harus mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi kebakaran karena tidak termasuk dalam harga rumah. berbeda dengan membeli rumah KPR.

Membeli Rumah Secara Kredit
Membeli rumah secara kredit bisa dilakukan jika Anda mempunyai penghasilan pas-pasan dan terdesak untuk segera memiliki rumah. Berikut keuntungan membeli secara kredit:
– Anda tidak perlu menyiapkan dana awal yang besar karena Anda hanya perlu membayar uang muka saja.
– Karena harga rumah terus menerus naik, maka Anda bisa terhindar dari kenaikan harga rumah tiap tahunnya.
– Besarnya cicilan dapat disesuaikan dengan penghasilan tiap bulan.
– Bank akan memeriksa keaslian surat dan sertifikat bangunan sehingga kemungkinan terjadinya resiko hukum sangat kecil.
– Rumah sudah termasuk dilindungi asuransi.
– Rumah bisa langsung ditempati meskipun cicilan belum lunas.
Kekurangan membeli rumah secara kredit:
– Total yang harus dibayarkan lebih mahal dari harga aslinya, karena ada bunga cicilan dan biaya-biaya tambahan yang harus dibayarkan.
– Jika penghasilan Anda tidak menentu, maka beresiko mengalami kredit macet atau gagal bayar.
– Surat-surat rumah masih ditahan oleh bank sampai Anda melunasi cicilan.
– Prosesnya cukup rumit dibandingkan membeli secara tunai.

Bagaimana? Apakah Anda sudah bisa mengira-ngira mana yang lebih menguntungkan? Membeli secara cash atau kredit? Semua tergantung pada diri Anda. Semoga bermanfaat.

www.GranadaProperti.com


Komentar

Postingan Populer